September 28, 2014

Memahami Konsep Kelipatan Bilangan

author photo
Kelipatan bilangan, tentunya adik-adik semua yang saat ini sudah kelas 4 SD pasti mengenal pelajaran matematika yang satu ini, karena pelajaran Kelipatan Bilangan ini diajarkan oleh guru-guru kita ketika kelas 4 SD.

Nah, disini kakak aka membahas ulang bagi adik-adik yang belon mengerti benar mengenai pelajaran Kelipatan Bilangan, konsepnya seperti apa mari ikuti ya, nanti kakak juga akan sertakan Contoh Soal Kelipatan Bilangan.

Masih ingatkah kalian dengan membilang bilangan loncat? Mari kita perhatikan garis bilangan di bawah ini.

Memahami Konsep Kelipatan Bilangan

Mari kita tuliskan bilangan loncat 2 yang ditunjukkan tanda panah pada garis bilangan di atas. 2, 4, 6, 8, 10, dan seterusnya. Dari manakah bilangan-bilangan tersebut diperoleh? Mari kita selidiki bersama-sama.

2 = 2 = 1 × 2
4 = 2 + 2 = 2 × 2
6 = 4 + 2 = 2 + 2 + 2 = 3 × 2
8 = 6 + 2 = 2 + 2 + 2 + 2 = 4 × 2
10 = 8 + 2 = 2 + 2 + 2 + 2 + 2 = 5 × 2
dan seterusnya

Ternyata bilangan-bilangan tersebut diperoleh dengan menambahkan 2 dari bilangan sebelumnya atau mengalikan 2 dengan bilangan 1, 2, 3, 4, 5, dan seterusnya. Bilangan-bilangan seperti ini disebut bilangan kelipatan 2.

Selanjutnya, kita akan masuk pada bagian yang lebih dalam, mengenai Kelipatan Persekutuan Dua Bilangan yang mengarah pada pelajaran KPK (Kelipatan Persekutuan terKecil)
Next article Next Post
Previous article Previous Post