Agustus 26, 2014

Mencari Jumlah Perbandingan Jika Diketahui Selisihnya

author photo
Soal perbandingan sering banget kita jumpai dalam kehidupan sehari-hari, dan perbandingan merupakan soal wajib yang pasti selalu nongol di salah satu pertanyaan pada Ujian Nasional alias UN tingkat SMP. Kali ini akan kita bahas soal Mencari Mencari Jumlah Jika Diketahui Selisih Dua Perbandingan.

Mencari Jumlah Perbandingan Jika Diketahui Selisihnya

Contoh soalnya bisa adik adik lihat pada salah satu soal yang muncul pada UN SMP 12 yang lalu berikut ini!

Uang adik berbanding uang kakak 3 : 5. Jika selisih uang keduanya Rp 180.000,00, maka jumlah uang kakak dan adik adalah ….

A. Rp 288.000,00
B. Rp 480.000,00
C. Rp 300.000,00
D. Rp 720.000,00

Untuk menjawab soal kayak gini, kamu harus misalin dulu uang adik dan uang kakak dengan sesuatu huruf, Misal :
Uang adik = A dan Uang kakak = K
A : K = 3 : 5 sehingga, 5A = 3K (1)

Dari soal kita juga udah diberi info kalau selisih uang kakak dan adik ada 180.000 sehingga,
K – A = 180000, dengan mengubah posisinya didapatkan K  = A + 180000 (2)


Substitusikan (2) ke (1) sehingga kita dapatkan :
5A = 3K
5A = 3(A + 180000) 5A = 3A + 540000 = 450000
5A – 3A = 540000
2A = 540000 : 2
A = 270000

Setelah kita dapatkan A, maka tinggal masukin nilai A ke (2)
K  = A + 180000
K  = 270000 + 180000 
K = 450000

Lalu, berapa jumlah uang Adik ditambah dengan uang Kakak?
A + K = ....
270000 + 450000 = 720000 (D)

Gimana? mudah bukan? silahkan latihan dengan soal-soal lainya di rumah ya...
Next article Next Post
Previous article Previous Post